Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik, Setting Sablon Kaos dan Desain Grafis Lainnya

SABLON KAOS DISTRO : CARA MEMBUAT SABLON KAOS MANUAL DENGAN SCREEN PRINT CAT SABLON

cara-membuat-sablon-kaos-manual-dengan-screen-print-cat-sablon
SABLON KAOS DISTRO : CARA MEMBUAT SABLON KAOS MANUAL DENGAN SCREEN PRINT CAT SABLON cara-membuat-sablon-kaos-manual-dengan-screen-print-cat-sablon

Cara membuat kaos t-shirt distro yang menarik dan keren tentunya ditentukan beberapa faktor salah satunya cara desain sablon kaos distro dan cara print sablon baik print digital maupun print sablon manual dengan screen . 


Apa itu print digital ?

yaitu teknik mencetak gambar atau design dengan menggunakan media komputer diubah menjadi data digital yang kemudian dikeluarkan melalui media cetak printer.

Print sablon adalah teknik cara mencetak gambar dengan menggunakan alat sablon berupa screen monil ke dalam media kain atau kaos baju t-shirt. 


Proses pembuatan kaos dan baju t-shirt melalui tahapan proses print sablon kaos yang berhubungan dengan teknik pengolahan jenis cat sablon dan campuran macam-macam tinta warna dengan media monil screen sebagai alat cetak dan print sablon kaos.

Kali ini studio creative desain akan mengulas macam-macam  teknik cara menyablon manual dan jenis cat sablon dalam proses membuat kaos t-shirt dengan metode print sablon t-shirt distro menggunakan screen ( monil ) sablon dan cat sablon.


Berikut adalah jenis-jenis cat  sablon dan macam-macam teknik print sablon kaos yang sering digunakan dalam menyablon kaos distro;


1. Cat Sablon Superwhite

jenis cat sablon SW / super white  sering digunakan dengan bahan kain cotton combads dengan kaos warna terang dan sifat cat superwhite hampir menaytu dengan bahan kaos sedikit lebih tebal dibanding pigmen.

2. Cat Sablon Rubber

jenis cat sablon yang paling sering digunakan dengan bahan kain berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Untuk sablon di atas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama.

3.Pigment

jenis cat sablon  yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain dan kualitasnya lebih rendah dari cat sw

4.Plastisol

jenis cat sablon berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit.

5.Glow in the dark

 Jenis cat sablon  dengan bahan Fosfor, yg menyala saat kaos berada di tempat gelap. Bisa rubber, pigmen maupun plastisol.

6.Discharge

Jenis cat sablon dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.

7.Reflektif

Jenis cat sablon dengan bahan Fluor yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya.


8.Flocking beludru

 Jenis cat sablon yang berbentuk seperti wol bulu dan sablon timbul yang dilapisi beludru.


9.Foam atau Cat timbul

Di dunia garment international biasa disebut dengan puff print. Ada rubber, ada juga plastisol, tapi bentuk timbul keduanya berbeda.


10.Sablon Foil

Jenis sablon yang menggunakan kertas berbahan logam (seperti pada undangan nikah). Biasanya warna silver atau gold.


11.Sablon Glitter

Sablon dengan menggunakan tinta yang di campur serbuk berwarna metalik. Tersedia dalam banyak pilihan warna.


Semua jenis cat sablon bisa bervariasi digunakan dalam kaos , terkadang di campur antar jenis cat satu dengan jenis cat lainnya.

Demikian cara sablon kaos manual dengan teknik jenis cat sablon  , Semoga bermanfaat.



Baca Juga Artikel Sablon Kaos Lainnya


SABLON KAOS DISTRO : CARA MEMBUAT SABLON KAOS MANUAL DENGAN SCREEN PRINT CAT SABLON